Tips mengatasi gatal pada anak-anak

Oleh: Hani Indrayati, dr., SpKK

Gatal pada anak-anak sering kali sulit diobati. Anak-anak sering menggaruk kelainan kulit hingga lecet dan berdarah. Hal ini dapat mengakibatkan perluasan lesi kulit, atau bahkan komplikasi infeksi.

Berikut merupakan beberapa tips untuk mengatasi gatal pada anak-anak, untuk mengurangi garukan.

1. Tempelkan kain basah & dingin atau ice pack selama 5 – 10 menit pada kulit yang gatal. Selain itu dapat pula digunakan thermal spring water pada kulit yang gatal. Setelah selesai kemudian oles pelembap (kecuali pada kulit yg sedang meradang)

2. Oatmeal bath dapat membantu menyejukkan kulit yang kering dan gatal. Oatmeal bath dapat dilakukan selama 10 – 15 menit.

3. Gunakan pelembap yang bebas pewangi dan zat tambahan seperti pewarna. Gunakan 3 kali sehari, terutama pada malam hari sebelum tidur wajib mengoleskan pelembap. Untuk kondisi kulit yang sangat kering dan sangat gatal, dapat dipilih pelembap berbahan dasar petroleum jelly.

4. Obat oles yang mengandung mentol atau calamine dapat ditaruh di lemari es, sehingga pada saat penggunaan akan lebih optimal tingkat dinginnya.

5. Oleskan dahulu obat eksim pada bercak kulit yang meradang & gatal, kemudian diikuti dengan pelembap pada seluruh area kulit kecuali area kulit yang sedang meradang. Bila area kulit yang meradang sudah sembuh oleskan pelembap ke seluruhnya.

6. Sebaiknya gunakan sarung tangan berbahan katun pada bayi & anak sebelum tidur, dan rajinlah memotong kuku tangan. Sedapat mungkin gunakan baju yang menutupi daerah kulit yang gatal (misalnya baju tangan panjang atau celana panjang)

7. Alihkan perhatian anak dengan bermain, seperti bermain peek-a-boo, bermain dengan mainan, atau bercerita. Selain itu dapat diberikan kudapan.

8. Tenangkan anak yang sedang stres, karena stres dapat menyebabkan kulit bertambah gatal

9. Cubit dengan lembut bagian kulit normal yg dekat dengan ruam DA. Pada anak yang lebih tua hingga remaja, dapat diberi instruksi untuk menepuk bagian kulit tersebut.